Senin, 15 April 2013

Berbagi File di Google Drive

Berawal dari pertanyaan mahasiswa saya, Gimana pak caranya melampirkan file di Blog??? saya langsung berfikir dan menganalisa pertanyaan tersebut. Di blog kita dapat melampirkan file gambar dan video, selain dari itu saya belum tau kecuali kita menggunakan Link file yang telah di sharing di Google Drive.
Google Drive merupakan media penyimpanan dengan kapasitas 5 GB yang sifatnya dapat dirahasiakan (tanpa sharing) atau dapat dibagi (disharing), untuk itu saya akan berbagi disini bagaimana caranya kita berbagi File di Google Drive dengan menggunakan Link Blogger. Silahkan disimak step by step yang harus dilakukan berikut ini:
1. Anda harus login terlebih dahulu di Gmail atau di Blogger dengan menggunakan Account/ Email yang telah di buat di Google. Kali ini saya logi di Gmail sehingga tampak seperti berikut ini:
2. Klik Menu Drive




3. Tampilan Google Drive
4. Klik Tombol Create apabila ingin membuat Folder, Documents, Presentation, dst.


5. Klik Tombol Upload dan Files apabila ingin memasukkan file yang ingin di dimasukkan ke Google Drive seperti pada gambar berikut ini:
6. Pilih File yang akan diupload ke Google Drive, kemudian klik tombol Open seperti pada gambar berikut ini:
7. Proses upload akan berlangsung seperti pada gambar berikut, diharapkan kesabaran anda karena proses ini akan tergantung pada ukuran file, kecepatan upload, dan koneksi jaringan internet yang kita gunakan.
8. Jika proses upload berhasil maka akan muncul pesan Uploaded dan nama file yang dipilih juga akan muncul sebagaimana gambar berikut. Proses upload sampai disini sudah berhasil dengan status file belum tershare atau hanya kita yang dapat menggunakannya.
9. Apabila kita ingin share, silahkan klik tombol share
10. Ganti sharing seting dengan mengklik tombol change sebagaimana pada gambar berikut:
11. Ganti sharing setting dari Private menjadi Anyone with the link atau ke Public on the web
12. Boleh mengganti Access menjadi can edit, can comment, atau can view. Pada contoh ini saya menggunakan default yaitu can view.
13. Klik Tombol Save untuk menyimpan proses perubahan yang telah dilakukan.
14. Copy Link yang akan disharing dengan memblok alamatnya kemudian tekan CTRL + C atau copy
15. Selanjutnya di Blog klik Link
16. Isikan Teks to Display atau teks yang ingin ditampilkan [terserah anda], kemudian isikan web address dengan mempaste alamat yang telah dicopy pada langkah ke 14 dan akhiri dengan mengklik tombol OK. Hasilnya seperti ini  Klik Disini

17. Klik Tombol Publikasikan di Blog dan selamat mencoba semoga sukses.











1 komentar:

  1. terimah kasih infonya pak,,, sy sudah tahu caranya lampirkan file berkat contoh yg diberikan bapak..

    BalasHapus